BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 05 Juni 2009


Setelah dua hari saya tinggal di Luwuk dan menikmati keindahan kota & pemandagan alamnya, saya melanjutkan perjalanan ke Banggai Kepualauan dengan menggunakan kapal penumpang terbuat dari kayu. Tepat jam 9 malam kapal berangkat dari pelabuhan penumpang Lalong. Perjalanan dari Luwuk ke Banggai dengan kapal jenis ini memakan waktu sekitar 7 jam, biasanya sampai di pelabuhan Banggai sekitar jam 4.30 pagi waktu subuh. 

Luwuk adalah ibukota dari kabupaten Banggai, sedangkan Banggai adalah nama kota Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), mungkin agak sedikit membingungkan bagi yang pertama mengetahuinya. 

Bila baru pertama datang ke Banggai, tidak usah terburu-buru meninggalkan kapal karena pada jam itu belum ada angkutan untuk masuk kota, kecuali becak dan tukang ojek. Terlebih lagi penginapan masih tutup dan belum ada panjaga losmen yang bangun. Kebanyakan orang yang sudah pernah datang kemari cukup berjalan kaki untuk mencapai losmen terdekat, karena jarak ke lokasi penginapan terdekat cuma 150 meter dari pelabuhan Banggai. 

Pelabuhan Banggai menjadi sentra keramaian di kota Banggai, terutama saat-saat jam kedatangan/keberangkatan kapal. Lokasinya yang dekat dengan kota dan pemukiman masyarakat membuatnya mudah untuk dijangkau. dari pemukiman kota, pelabuhan ini bisa dijangaku dengan berjalan kaki atau naik becak.



0 komentar: