BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 09 Juni 2009

human error

Heinrich domino, Swiss cheese, Epidemiologal approaches, Ramsey, Human Factor/SHEL model, Theory accident proneness, cognitive, dsb. hanyalah model yang telah dikembangkan pada jamannya oleh para pakar seperti di atas, di dalam menganalisa suatu kecelakaan kita dapat menggunakan pendekatan teori yang mana saja, dipilih berdasarkan pendekatan yang paling mendekati dilihat dari sisi kompleksitas kejadiannya. Misalnya dalam dunia aviasi/penerbangan mereka lebih prefer menggunakan model dari "Human Factor" dan "Swiss Cheese Model" seperti yang dimuat dalam setiap journal mereka. Bahkan sewaktu saya terlibat salah satu project di Duri, mereka bahkan menerapkan modifikasi dari Heinrich yaitu 80% unsafe acts dan 20% unsafe conditions. Dan sebagai gambaran penilitian untuk menemukan atau menggali model-model atau teori baru masih sangat terbuka dan di alu-alukan/diharapkan.

Seperti diketahui bahwa error bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja, oleh karena itu untuk menjembatani antara unsafe acts dan unsafe conditions maka diperlukan suatu perangkat yaitu "management system" yang akan mengatur fungsi-fungsi seperti yang pak Dirman katakan sehingga tingkat risiko untuk celaka dapat dikendalikan. Semoga dapat bermanfaat dan mohon maaf kalau ada kesalahan yang tidak disengaja karena keterbatas pengetahuan.


0 komentar: